PATCH ADAM’S

A. PENDAHULUAN
Berdasarkan kisah nyata, film ini menceritakan seorang mahasiswa kedokteran yang bernama Hunter Adams, yang sebenarnya nama panjangnya adalah Hunter Doherty Adams. Beliau lahir di Washington pada 28 Mei 1945. Hunter lebih suka dipanggil Patch, makanya dia lebih sering dikenal dengan panggilan “Patch Adams”. Dalam film ini Robbin Williams lah yang berperan sebagai Patch Adams, walaupun wajah sebenarnya tidak  mirip dengan patch adams yang asli.
Patch Adams sangat percaya dengan kekuatan cinta, pasien-pasien akan merasa lebih baik dalam proses penyembuhannya dan akan mengonsumsi obat dengan jumlah yang lebih sedikit. Ia ingin pasien-pasien merasa lebih baik dengan kebahagiaan mental, bukan hanya melalui obat-obatan. Prinspipnya dokter juga bertugas untuk meningkatkan mutu kesehatan, bukan hanya untuk menunda kematian atau sekedar bekerja dengan gaji yang tinggi. Hunter benar-benar ingin menjadi dokter pada saat ia belajar.
B. PEMBAHASAN
Ketika berada dalam perawatan di rumah sakit, Hunter mulai menemukan jalan hidupnya. Di sana ia menikmati bisa menolong pasien lain lantaran melihat dokter dan staf bersikap kaku pada para pasien. Ia menolong para pasien dengan humor dan tawa. Sejak itu Hunter kemudian lebih dikenal dengan julukan Patch yang bertekad menjadi dokter agar bisa membantu banyak orang. Patch Adam banyak mengaplikasikan teori – teori dari komunikasi itu sendiri. Frame of reference, beliau membuat orang disekitarnya memiliki cara pandang yang sama dengan-nya. Seperti pada adegan, Patch Adam’s yang membantu Rudy untuk buang air kecil. Patch juga menggunakan komunikasi non verbal, dengan gerakan – gerakan tubuhnya dan ekspresi wajahnya yang lucu membuat orang disekitarnya merasa terhibur. Seperti pada adengan, Patch saat berada di rumah sakit dengan anak – anak yang salah satunya bernama Cameron.
Patch Adam termasuk dalam komunikator yang baik, karena beliau dalam memberikan pesan atau informasi telah menggunakan metode 7C yaitu Credibility, Patch memiliki ihtikad yang baik untuk menolong sesama, keahliannya dalam mengubah cara pandang orang lain menjadi sama dengan nya, kepribadian nya yang unik dan karakternya yang jujur membuat beliau disegani oleh banyak orang. Context, dalam memberikan pesan nya kepada orang lain Patch sudah menyesuaikan nya dengan kenyataan masyarakat. Content, penggunaan kata yang dipakai sesuai dengan target atau pasien yang dirawatnya. Capability, Patch memberikan motivasi dan solusi kepada pasien dan orang disekitarnya agar tetap semangat dalam menghadapi hidup ke depan nya dengan lebih baik.
Setelah lulus kedokteran, Patch kemudian mendirikan klinik sendiri yang bernama Gesundheit Clinic agar lebih leluasa menggunakan metodenya dan juga ingin membantu banyak pasien miskin yang tidak terjangkau sistem kesehatan Amerika yang mahal dan elitis. Namun lantaran Patch berpraktek tanpa izin praktek, ia lalu diajukan ke dewan kehormatan kedokteran, Medical Review Board.

C. PENUTUP
Film ini sangat bagus dan menarik serta sesuai dengan materi yang disampaikan, serta banyak sekali pengaplikasian dari teori – teori komunikasi yang layak untuk kita terapkan dikehidupan sehari – hari kita saat melakukan pemberian pesan atau informasi kepada orang lain.

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s